Install Xp pada laptop

Kemarin aku dimintai bantuan temenku untuk menginstallkan laptopnya biar normal, soale ada bagian tertentu yang error. Laptopnya pakai vista, waduh... padahal aku paling jengah sama windows yang satu itu. Akhirnya aku setuju untuk membantu, yawdah aku ganti saja sama Xp. Padahal aku sudah tawarin pakai linux (ubuntu) tapi dia ngga mau. Yawdah akhirnya Xp jadi pilihan, sebenernya pengen coba windows seven seh.... tapi karena persediaan dvd habis, padahal dah tengah malam, ngga mungkin lagi cari keluar... Yang ada mah kuntilanak sama pocong kalo jam segini... hihihi.....
Ok.... kita mulai saja yah bagaimana cara nginstall windows xp di laptop yang terproteksi (walaupun sebenere kata proteksi ngga cocok seh.... tapi biar mudah dimengerti gitu....). Begini langkahnya :
  1. Cari driver SATA AHCI dari laptop yang akan kita install, untuk compaq presario cq40-108tu download saja file1 dan file2 .Kemudian ekstrak.
  2. Download Net Framework disini , kemudian install.
  3. Download Nlite disini , kemudian install.
  4. Jalankan Nlite.
  5. Muncul pilihan bahasa, klik next.
  6. Browse dah arahkan ke cdrom yang berisi windows xp biasa yang bootable, klik next.
  7. Pilih folder kosong, untuk lokasi pembuatan windows xp, kemudian klik next.
  8. Setelah itu akan muncul proses pengcopyan. Biarkan saja sampai selesai. Klik next.
  9. Muncul kolom preset, ngga usah diapa-apain, langsung next saja.
  10. Nah disini akan muncul banyak pilihan menu, klik pada driver dan bootable sehingga warnanya jadi hijau. Kemudian klik next (untuk fitur yang lain silahkan dicoba-coba sendiri)
  11. Nah kita sampai pada kolom driver. klik insert > multiple driver folder > pilih folder hasil ekstrakan dari langkah pertama > select > OK > Text mode driver (bawahnya pilih semua saja) > Ok . Dan kemudian next. Dan YES.
  12. Dan proses pembuatan windows xp buat install laptoppun berjalan. (kalo ada langkah buat file iso, ya tinggal kita buat saja iso (make iso).
  13. Finish. Dan kita tinggal burn file iso tersebut.
Nah untuk drivernya, aku download dari sini
Kenapa harus susah-susah membuat windows xp sata sendiri, kan tinggal download/ cari saja sudah selesai masalah. Yup itu betul sekali. Tapi pengalaman anda tidak akan bertambah. Nah dengan membuat sendiri bukankah kita bisa menjadi lebih kreatif ... Cool

0 komentar: